Reputasi Kami adalah MLM Nomor Satu
Sabtu (22/9), sekitar 3.000 orang menyesaki Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Jarum jam baru menunjukkan pukul 18.30, namun mereka, kebanyakan memakai baju resmi berwarna gelap, telah duduk teratur di deretan kursi yang telah disediakan panitia. Perhelatan agung malam itu merupakan peringatan ulang tahun ke-20 kehadiran Amway di Indonesia. Ribuan leader Amway, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan tertib mengikuti rangkaian acara. Kali ini, National Convention PT Amway Indonesia mengambil tema Race to The Future.
"Amway Indonesia, sepanjang sejarahnya, selalu konsisten sebagai perusahaan penyedia peluang usaha bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kehidupan lebih baik. Di negara ini, Amway telah berperan sebagai mitra pemberdayaan ekonomi Indonesia," tutur Koen Verheyen, presiden direktur PT Amway Indonesia dalam sambutannya. Ia merujuk kapasitas Amway sebagai bisnis alternatif yang menyediakan jalur pemasaran dan keunggulan penetrasi kepada berbagai lapisan pasar di negeri ini.
Terkait dengan hal ini, Koen menuturkan bahwa selain memasarkan beragam produk impor, seperti Nutrilite dan Artistry, Amway juga menggandeng PT Usaha Kita Mandiri Indonesia (UKMI) untuk memproduksi dan mendistribusikan produk lokal besutan industri skala UKM, seperti beras, minyak goreng, bumbu dapur, madu, dan sebagainya melalui jaringan bisnis Amway. Usaha bersama antara Amway dan PT UKMI ini bernama UKMWAY.
Sejak berdiri pada 1992, Koen mengaku bisnis Amway berkembang pesat, terutama 10 tahun belakangan. "Dalam 10 tahun ini, bisnis kami bertambah empat kali lipat dibandingkan 10 tahun sebelumnya," ungkap Koen. Kini mereka mampu menyediakan peluang bisnis kepada lebih dari 330.000 Amway independent business owner (IBO) dan mempekerjakan 250 karyawan.
Menurut Koen, Amway selalu mengukur prestasi dari seberapa jauh sudah berhasil membantu orang banyak mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Itulah yang menjadi tolok ukur perusahaan. Terbukti, dalam 10 tahun ini bisnis tumbuh empat kali lipat dibandingkan 10 tahun sebelumnya. Di tahun kesebelas, perusahaan mengalami perkembangan lebih dari 12%. Sementara di tahun kesembilan perkembangan perusahaan hanya di bawah 10%. Total sejak pertama berdiri sudah 2,3 juta orang yang bergabung di sini.
Amway Indonesia memang selalu konsisten sebagai perusahaan penyedia peluang usaha bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Amway juga telah berperan sebagai mitra pemberdayaan ekonomi Indonesia dalam kapasitasnya sebagai bisnis alternatif yang menyediakan jalur pemasaran dan keunggulan penetrasi kepada berbagai lapisan pasar di Indonesia.
Dari awal reputasi kami adalah MLM nomor satu. Reputasi adalah dasar dari tiap bisnis. Kesuksesan sebuah perusahaan selalu tergantung pada reputasi. Kami harus menjaga reputasi dengan cara memenuhi apa yang telah kami janjikan. Seluruh perilaku kami merupakan perilaku yang terpuji. Hal ini kami lakukan terlepas dari adanya pesaing atau tidak. Ada tidaknya pesaing tidak mempengaruhi perilaku dan pendirian kami. Ukuran kesuksesan yang dipakai Amway adalah bagaimana kita telah mendapat membantu orang lain agar kehidupannya lebih baik.
Di banding negara lain bagaimana perkembangan Amway di Indonesia? Menurut Koen, tiap negara punya kelebihan sendiri-sendiri. Hal ini dipengaruhi ekonomi dan budaya yang berbeda. Ada negara-negara di mana Amway berkembang lebih lama dari Indonesia, namun ada juga yang lebih cepat. Bagi kami, hal yang paling utama adalah bagaimana kami bisa bertahan.
Bagaimana strategi perusahaan mengembangkan bisnis di Indonesia? Dengan keberadaan yang sudah mencapai 20 tahun di Indonesia, menurut Koen, perusahaan terus berusaha mengembangkan bisnis dengan mulai merambah usia produktif untuk menjadi entrepreneur sejak dini.
Sejak berdiri pada 1992, Amway menjadi salah satu dari lima besar perusahaan penjualan langsung (direct selling) di Indonesia. Performa bisnis Amway secara nasional maupun global menunjukkan pertumbuhan positif, terlepas dari adanya krisis finansial dan goncangan ekonomi di banyak negara. Di negeri ini, Amway mendistribusikan sekitar 250 jenis produk, diantaranya nutrisi dan kesehatan, kosmetik, perawatan pribadi, perawatan rumah tangga, peralatan rumah tangga, dan pertanian. Selain lini produk utama, perusahaan juga membangun kemitraan dengan perusahaan lokal, yakni Autocillin (Asuransi Adira) dan UKMWAY (dengan PT Usaha Kita Mandiri Indonesia).
Apa target perusahaan di Indonesia? Perusahaan berkomitmen untuk melakukan yang terbaik di Indonesia. Sebab kami mengukur prestasi bukan dari sekadar jumlah penjualan atau apa pun. Tolok ukur kami seberapa jauh sudah sebagai suatu perusahaan atau apa pun. Misi kami adalah membantu mewujudkan kehidupan orang yang lebih baik, yaitu dengan memiliki usaha sendiri. Tapi kalau hal itu hanya menjadi omongan semata berarti hal itu belum berhasil.
Berapa pencapaian omzet perusahaan? Kalau bicara omzet, kita akan selalu membicarakan uang, uang, uang. Tapi, kami melihatnya bukan saja dari sisi uang saja. Kami mengukur dari apa yang telah berhasil kami jual. Selama ini kami telah menjual 4,5 juta kaleng Nutrilite dan jutaan unit produk lainnya. Intinya tanpa produk yang berkualitas dan basis konsumen yang kuat, bisnis ini tidak akan bertahan. Kami beruntung memiliki keduanya.
Apakah ke depan Amway akan melakukan pembaruan produk atau marketing plan? Kami tidak akan melakukan pembaruan untuk marketing plan. Namun, untuk produk, pada perayaan kali ini kami mengeluarkan beberapa produk inovatif. Pada dasarnya tiap tahun kami selalu mengeluarkan produk-produk baru. Jadi, dalam hal ini sebenarnya bukan hal baru. Bagi kami, hal terpenting adalah bagaimana kami berkembang dan tetap bertahan.
Pada perayaan ulang tahun ini kami ingin merayakan bahwa perusahaan semakin kokoh. Tahun ini kami mengambil tema Race to The Future, kami mengajak semua untuk mencapai masa depan yang lebih cerah. Dalam perayaan ulang tahun kali ini, kami mengundang 3.000 leader, sebagian di antaranya dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, China, dan Korea Selatan. Tujuan kami adalah menyemangati leader-leader dari Indonesia bahwa bergabung dengan Amway berarti Anda tak sekadar berbisnis, melainkan bergabung bersama komunitas global. Komunitas yang meraih keberhasilan karena bekerja sama. Komunitas dengan potensi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dari hari ini dan berdedikasi untuk saling membantu mencapai kesuksesan.
Referensi:
Majalah DUIT! Ed 10/VII/OKTOBER-NOVEMBER 2012 hal 40-41
Ingin baca di RUMAH??? download aja DI SINI,,,