mlm is your life

hpanetwork.id - member of PT Herba Penawar Alwahida Indonesia - lahirkan pengusaha muslim yang tangguh

Sunday, June 16, 2013

Mengapa Perusahaan MLM Harus Terdaftar di APLI?

APLI adalah singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan sistem berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. 

Dalam Bahasa Inggris, APLI diterjemahkan menjadi IDSA, singkatan dari Indonesian Direct Selling Association. APLI telah menjadi Anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA), dengan nomor anggota 20203.18688-6/04-09-1995 dan diakui oleh Pemerintah/Departemen Perdagangan. 

APLI, juga merupakan bagian dan satu-satunya Asosiasi Penjualan langsung di Indonesia yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA). 

Disetiap Negara WFDSA hanya menerima satu asosiasi DS/MLM sebagai anggota yaitu Asosiasi yang mendaftar pertama dan anggota-anggotanya memenuhi persyaratan kode etik yang ditentukan oleh WFDSA. Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), merupakan organisasi independen, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, selain kegiatan profesional dalam bidang mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan sistem berjenjang (MLM) yang murni dan benar. 

Apakah SIUP? 

SIUP (Surat Ijin Usaha & Perdagangan) adalah izin usaha yang dikeluarkan Instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan. SIUP digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha dibidang Perdagangan Barang/Jasa di Indonesia tapi SIUP bukan merupakan ijin untuk MLM RESMI, perusahaan MLM yg LEGAL harus memiliki ijin SIUPL (bukan SIUP). 

Apakah SIUPL? 

SIUPL (Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung) adalah izin yang yang dikeluarkan Instansi Pemerintah untuk perusahaan yang menjalankan sistem direct selling/pemasaran berjenjang (MLM) yang WAJIB dimiliki oleh seluruh perusahaan MLM RESMI di Indonesia, jika ada perusahaan yang mengaku MLM tapi hanya memiliki SIUP saja (tidak memiliki SIUPL) maka perusahaan tersebut adalah perusahaan MLM ILEGAL yang tidak memenuhi peraturan resmi dari pemerintah tentang pemasaran berjenjang (MLM). 

Mengapa perusahaan MLM RESMI perlu APLI? 

Setiap perusahaan MLM di Indonesia "tidak wajib" masuk sebagai anggota APLI, yang wajib dipenuhi setiap perusahaan MLM adalah SIUPL. 

Jadi setiap perusahaan MLM anggota APLI pasti memiliki SIUP & SIUPL. Tapi perusahaan MLM yang memiliki SIUP & SIUPL belum tentu anggota APLI. 

Lalu apa benefitnya menjadi Anggota APLI? mengapa perlu APLI? 
Untuk menjadi anggota APLI tidaklah mudah, wajib memenuhi persyaratan & ketentuan yang ketat dari pemerintah maupun dari pihak APLI sendiri, karena itu tidak semua perusahaan MLM yang memiliki SIUPL-pun belum tentu diterima menjadi anggota APLI (apalagi jika hanya memiliki SIUP saja tanpa SIUPL).

Dalam hal ini, apa keuntungan perusahaan MLM masuk APLI? 
  1. Membuktikan perusahaan MLM RESMI & LEGAL diakui pemerintah RI 
  2. Teruji kekuatan FINANSIAL perusahaan untuk BISNIS JANGKA PANJANG 
  3. Produknya AMAN & LEGAL 
  4. Terbukti BUKAN Money Game (bisnis ilegal berkedok MLM) 
  5. Semakin menambah kepercayaam masyarakat yang ingin berbisnis tidak perlu lagi cari-cari tahu/bingung/ragu apakah ini bisnis LEGAL atau ILEGAL, cukup dengan mengetahui telah terdaftar di APLI maka menjadi indikator sederhana untuk mengetahui dengan cepat legalitas bisnis MLM bahkan tanpa perlu datang ke kantor perusahaan, karena APLI adalah asosiasi resmi, bandingkan dengan perusahaan MLM yang hanya punya SIUP & SIUPL saja. 
  6. MARKETING PLAN teruji LEGAL tidak merugikan distributor & perusahaan = win-win solution. Catatan : Bisnis BERJANGKA PANJANG harus memiliki kekuatan finansial disisi perusahaan agar tetap terus exist serta berkembang & TETAP memberikan KEUNTUNGAN JANGKA PANJANG bagi distributornya, bukan hanya menguntungkan perusahaan saja, juga bukan hanya menguntungkan distributornya saja. Harus WIN-WIN SOLUTION. 
Di indonesia ada ribuan bisnis "berkedok" MLM, akibatnya banyak masyarakat yang tidak memahami MLM terjebak pada bisnis yang menjanjikan serta mengiming-imingi dengan bonus besar jika merekrut member baru, atau bahkan ada yang menjanjikan tanpa bekerja merekrut member ongkang-ongkang kaki dapat bonus besar (investasi ilegal/money game). 

Dengan masuknya Perusahaan MLM menjadi anggota APLI, akan menjadi INDIKATOR SEDERHANA bagi masyarakat untuk menilai bahwa perusahaan adalah MLM RESMI & LEGAL.

Bagaimana mengetahui money game/ Investasi Ilegal? 

Seringkali money game/investasi berkedok MLM menawarkan iming-iming bonus yang besar & menggiurkan melalui merekrut anggota saja atau bahkan tanpa usaha/bekerja, pelajari informasi dari Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan RI (BAPEPAM LK) di website resminya : www.waspada-investasi.bapepam.go.id 

Ciri-ciri money game : 
  1. Menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat 
  2. Lebih menekankan pada perekrutan dan bukan penjualan produk 
  3. Bonus dibayar bila hanya ada perekrutan member baru 
  4. Kalaupun ada produk yang dijual biasanya hanya digunakan sebagai kedok, kualitas barang tidak sesuai dengan harga. Dan tidak bisa repeat order 
  5. Sementara, jika usaha akan ambruk indikasinya adalah: menunda pembayaran bonus dan menaikkan biaya pendaftaran (sumber : Majalah Duit) 
Apakah money game Terbukti membayar? 

YA akan TERBUKTI membayar selama masih ada perekrutan member baru untuk perputaran uang perusahaan, hingga pada akhirnya sudah tidak menguntungkan perusahaan maka perusahaan tutup & pemiliknya kabur. 

Itulah mengapa banyak sekali member "MLM gadungan" ini dengan bangganya bisa menunjukkan bukti BONUS BESAR dalam waktu singkat hasil dari sistem money game ini, dan umumnya memang betul terbukti mendapatkan bonusnya TANPA tahu/berpikir akan MERUGIKAN orang lain yang bergabung belakangan. 

Mereka yang menyukai sistem money game tidak pernah peduli dengan LEGALITAS, dalam pikiran mereka hanya "dapat uang cepat dalam jumlah besar tanpa peduli akan merugikan orang lain/melanggar hukum RI" 

Money game/investasi ilegal kini semakin pintar menjadi seakan-akan "MLM". Ini jugalah yang kemudian menjadikan MLM terlihat buruk di mata sebagian masyarakat, untuk itu salah satu peranan PENTING APLI adalah memastikan perusahaan yang menjadi ANGGOTA APLI bukanlah money game. 

Pastikan anda berbisnis yang LEGAL & AMAN dan APLI menjadi mitra sekaligus indikator bagi anda untuk mengetahuinya dengan cepat tentang LEGALITAS perusahaan MLM yang RESMI.

Referensi: 
www.google.co.id www.yahoo.co.id www.bing.com www.apli.or.id www.majalahduit.co.id 

6 comments:

  1. terima kasih..artikelnya sangat bagus!.
    dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  2. sama2 juragan,,,semoga sukses di high desert-nya yaa,,,,

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah Nu Skin resmi terdaftar di APLI 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul bu Anne,,,mohon disosialisaikan bagi teman2 yang belum bergabung dg mlm agar melihat daftar perusahaan yang terdaftar di APLI,,,

      Delete
  4. Maaf nanya apa DNI agota APLi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bis di cek keanggotaanya di sini ya http://www.apli.or.id/anggota/

      Delete

  • 3 Waktu Terbaik Minum Kopi - Mengonsumsi kopi di pagi hari banyak dilakukan terlebih sebelum melakukan aktivitas. Tetapi tahukah kamu konsumsi kopi di pagi hari tidak terlalu baik un...

Mengapa Perusahaan MLM Harus Terdaftar di APLI?

APLI adalah singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan te...

Find Us on Facebook

Blog Archive

Visitors


pinjaman utang