Siapa pun Bisa Meraih Hal Luar Biasa
Sulit membayangkan bagaimana seseorang
harus mengawasi perusahaan pemasaran bernilai puluhan triliun rupiah
yang beroperasi di berbagai negara. Segudang masalah pasti menyergapnya
setiap saat.
Begitulah yang dialami President & Co-Chief Executive Officer
(Co-CEO) Amway Corp, Doug DeVos. Ia bertanggung jawab mengawasi
operasional harian Amway Corp, perusahaan pemasaran berjenjang (multilevel marketing/MLM) global bernilai US$ 8,2 miliar atau sekitar Rp 82 triliun asal Amerika Serikat (AS).
Bersama rekannya, Steve Van Andel sebagai chairman, Doug DeVos bukan
saja harus menjaga agar bisnis Amway tetap tumbuh dan berkembang, tapi
juga menjadikannya sebagai salah satu perusahaan "paling internasional"
di dunia.
Berkat kerja keras, antusiasme, dan keuletannya, Doug DeVos yang
menukangi Amway Corp sejak 2002 berhasil menjaga bendera bisnis Amway
tetap berkibar. Rupanya, salah satu kunci sukses Doug DeVos adalah
kemampuannya mengelola masalah atau tantangan.
Apa kata Doug DeVos tentang tantangan? “Tantangan adalah peluang.
Ternyata, 90 persen masalah yang kita hadapi adalah mencoba mencari tahu
pokok permasalahannya,” kata pria kelahiran Grand Rapids, Michigan, AS,
itu di Jakarta, baru-baru ini.
Doug DeVos juga percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk
meraih hal-hal yang luar biasa. Itu karena manusia pada hakikatnya
memiliki beragam keahlian, semangat, dan bakat. “Maka kami, saya dan
Steve Van Andel, berupaya menemukan cara untuk menolong teman-teman di
Amway agar mereka mengeluarkan karakter dan potensi yang dimilikinya,”
tutur eksekutif berusia 49 tahun itu.
Doug DeVos dan Steve Van Andel memang punya sejarah hidup dan
kedekatan yang unik. Hubungan yang terjalin di antara Doug dan Steve
tidak berbeda jauh dengan hubungan pendiri Amway yang tak lain adalah
Rich DeVos (ayah Doug DeVos) dan Jay Van Andel (ayah Steve Van Andel),
yakni hubungan persahabatan sejak remaja.
Bagi Doug DeVos, tak mudah membawa nama besar ayahnya--juga sahabat
ayahnya--untuk mempertahankan, menjaga, dan menjalankan bisnis Amway
secara global. Lalu, apa visi-misi yang diemban Doug DeVos? Apa pula
nilai-nilai bisnis yang dianut perusahaan yang didirikan pada 1959 itu?
Berikut hasil wawancara dengannya.
Mengapa Anda dipilih dan apa yang mendorong Anda bersedia meneruskan Amway?
Ayah saya dan Jay (Jay Van Andel, Red) sangat percaya bahwa fondasi bisnis yang telah mereka bangun selama ini akan sangat baik jika diteruskan oleh anggota keluarga. Setelah ayah saya pensiun pada 1992, kakak tertua saya, Dick, menggantikan beliau untuk menjabat sebagai president Amway dan berhasil membawa bisnis ini merambah pasar global.
Ayah saya dan Jay (Jay Van Andel, Red) sangat percaya bahwa fondasi bisnis yang telah mereka bangun selama ini akan sangat baik jika diteruskan oleh anggota keluarga. Setelah ayah saya pensiun pada 1992, kakak tertua saya, Dick, menggantikan beliau untuk menjabat sebagai president Amway dan berhasil membawa bisnis ini merambah pasar global.
Pada 2002, saya menggantikan Dick setelah ia memutuskan kembali ke
usaha pribadinya. Saya berhasil mengelola Amway secara internasional.
Keberhasilan saya dalam penjualan dan operasional Amway-lah yang
membantu saya mempersiapkan diri untuk posisi saya sekarang ini.
Tentu tidak mudah membawa nama besar DeVos sebagai pendiri di Amway?
Ayah saya dan Jay memiliki keyakinan bahwa mereka berangkat bekerja setiap hari dengan tujuan melakukan segala sesuatu menjadi lebih baik lagi. Tidak semata berkaitan dengan uang. Keinginan mereka adalah menolong orang untuk berbuat lebih, menjadi lebih baik.
Ayah saya dan Jay memiliki keyakinan bahwa mereka berangkat bekerja setiap hari dengan tujuan melakukan segala sesuatu menjadi lebih baik lagi. Tidak semata berkaitan dengan uang. Keinginan mereka adalah menolong orang untuk berbuat lebih, menjadi lebih baik.
Ayah saya dan Jay memperjuangkan semangat kewirausahaan untuk
memiliki bisnis sendiri, dengan berpegang pada prinsip-prinsip mendasar,
yakni kebebasan, keluarga, harapan, dan penghargaan, serta tatanan
nilai yang berkaitan.
Di Amway, prinsip dasar dan tatanan nilai ini adalah warisan yang
menjadi kebanggaan kami dan yang telah membuat bisnis ini sukses.
Mengetahui bahwa setiap hari kami terus berupaya membuat kehidupan yang
lebih baik bagi banyak orang di seluruh dunia adalah alasan bagi saya
untuk terus mencintai pekerjaan ini setiap hari.
Anda punya karakter kepemimpinan seperti apa?
Berbicara mengenai ayah saya dan gaya kepemimpinannya, sangat sulit memisahkan ayah saya dan rekan bisnisnya, Jay. Mereka berdua menjunjung tinggi kemitraan, kewirausahaan, dan bisnis global. Mereka sangat fokus pada jangka panjang dan tidak pernah berkutat pada kesalahan bila ada masalah atau tantangan.
Berbicara mengenai ayah saya dan gaya kepemimpinannya, sangat sulit memisahkan ayah saya dan rekan bisnisnya, Jay. Mereka berdua menjunjung tinggi kemitraan, kewirausahaan, dan bisnis global. Mereka sangat fokus pada jangka panjang dan tidak pernah berkutat pada kesalahan bila ada masalah atau tantangan.
Ayah saya sangat terbuka terhadap setiap saran dan nasihat. Beliau
tidak pernah merasa bahwa beliau mempunyai semua jawaban. Beliau dan Jay
selalu bekerja sama dalam menemukan solusi. Itu adalah beberapa contoh
pelajaran yang saya dapatkan dari mereka dan saya selalu terapkan pada
diri saya dalam menjalankan bisnis ini sekarang.
Hambatan yang Anda hadapi?
Setiap kali menghadapi tantangan, kami selalu melihatnya sebagai peluang. Ayah saya mengatakan bahwa 90 persen dari setiap masalah yang kita hadapi adalah mencoba mencari apa pokok permasalahannya. Ketika semua lebih tenang, solusi atau jalan keluarnya akan lebih mudah ditemukan. Ayah saya dan Jay adalah orang-orang yang sangat fokus dan selalu optimistis bahwa semua solusi dapat ditemukan. Jadi, saya selalu berusaha mengadopsi sikap yang sama setiap menghadapi persoalan atau tantangan.
Setiap kali menghadapi tantangan, kami selalu melihatnya sebagai peluang. Ayah saya mengatakan bahwa 90 persen dari setiap masalah yang kita hadapi adalah mencoba mencari apa pokok permasalahannya. Ketika semua lebih tenang, solusi atau jalan keluarnya akan lebih mudah ditemukan. Ayah saya dan Jay adalah orang-orang yang sangat fokus dan selalu optimistis bahwa semua solusi dapat ditemukan. Jadi, saya selalu berusaha mengadopsi sikap yang sama setiap menghadapi persoalan atau tantangan.
Hal-hal terbaik yang Anda temukan saat bekerja?
Kami tumbuh bersama Amway. Jadi, setiap anggota keluarga kami mengunakan produk-produk Amway. Seperti yang lainnya, jadwal saya sangat padat, tetapi saya fokus untuk mengonsumsi makanan sehat dan berupaya hidup sehat. Produk-produk Amway membantu saya meraih tujuan saya itu.
Kami tumbuh bersama Amway. Jadi, setiap anggota keluarga kami mengunakan produk-produk Amway. Seperti yang lainnya, jadwal saya sangat padat, tetapi saya fokus untuk mengonsumsi makanan sehat dan berupaya hidup sehat. Produk-produk Amway membantu saya meraih tujuan saya itu.
Dengan bekerja di Amway, saya terinspirasi oleh para karyawan dan
distributor-distributor kami di seluruh dunia mengenai keinginan
mengeksplorasi potensi diri agar menjadi lebih baik lagi. Saya melihat
semangat kemitraan di setiap tempat yang saya datangi, ketika
orang-orang saling menolong untuk fokus pada masa depannya bersama
Amway.
Apa obsesi Anda?
Tujuan saya untuk masa depan adalah terus mengembangkan peluang bisnis Amway bagi mereka yang ingin memiliki bisnis sendiri di seluruh dunia. Semakin banyak yang dapat kami lakukan untuk memberikan peluang bisnis ini, maka secara pribadi saya akan semakin memperoleh kepuasan.
Tujuan saya untuk masa depan adalah terus mengembangkan peluang bisnis Amway bagi mereka yang ingin memiliki bisnis sendiri di seluruh dunia. Semakin banyak yang dapat kami lakukan untuk memberikan peluang bisnis ini, maka secara pribadi saya akan semakin memperoleh kepuasan.
Filosofi hidup Anda?
Saya sangat percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk meraih hal-hal yang luar biasa. Manusia memiliki beragam keahlian, semangat, dan bakat. Saya dan Steve Van Andel berupaya menemukan cara untuk menolong mereka agar mengeluarkan karakterisik-karakteristik dan potensi-potensi tersebut.
Saya sangat percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk meraih hal-hal yang luar biasa. Manusia memiliki beragam keahlian, semangat, dan bakat. Saya dan Steve Van Andel berupaya menemukan cara untuk menolong mereka agar mengeluarkan karakterisik-karakteristik dan potensi-potensi tersebut.
Saya juga percaya pada nilai-nilai bisnis kami, yakni kemitraan,
harga diri, tanggung jawab pribadi, pencapaian, dan usaha yang luas.
Kami menerapkan nilai-nilai ini pada setiap orang yang saya temui serta
pada setiap investasi yang kami tanamkan dalam bisnis kami.
Bagi saya, ini sangat penting. Saya menjadi duta bagi nilai-nilai ini
dan menjaga perspektif bahwa ini semua bukanlah mengenai saya, tetapi
mengenai jutaan distributor di seluruh dunia yang mencari hidup lebih
baik melalui peluang Amway.
Strategi bisnis yang Anda terapkan?
Strategi kami adalah growth through innovation. Strategi mengejar pertumbuhan melalui inovasi inilah yang bisa menjadikan Amway global mencatatkan rekor penjualan senilai US$ 11,3 miliar tahun lalu. Ini adalah tahun keenam kami menjalani strategi tersebut.
Strategi kami adalah growth through innovation. Strategi mengejar pertumbuhan melalui inovasi inilah yang bisa menjadikan Amway global mencatatkan rekor penjualan senilai US$ 11,3 miliar tahun lalu. Ini adalah tahun keenam kami menjalani strategi tersebut.
Strategi ini merupakan kerangka kerja yang mengarahkan kami mencapai
pertumbuhan berkesinambungan melalui peluang bisnis penjualan langsung
yang mendukung semangat kewirausahaan. Ini sekaligus memberikan
pengalaman yang dapat menghubungkan konsumen dengan produk yang mereka
inginkan.
Bisnis kami tumbuh hampir dua kali lipat sejak strategi growth through innovation
diluncurkan. Bisnis kami sekarang jauh lebih selaras secara global,
dengan kepemimpinan yang kuat dan berpengalaman di setiap empat region kami.
Kami melihat tahun ini dan tahun-tahun mendatang memiliki potensi
pertumbuhan yang lebih meningkat. Kami terus berinvestasi dalam
penyediaan pasokan, manufaktur, dan tenaga peneliti untuk lebih
responsif terhadap kebutuhan pasar. Itu akan membantu distributor kami
lebih baik lagi dalam melayani pelanggan melalui berbagai produk, kapan
saja, dan di mana saja mereka membutuhkannya.
Bagaimana perkembangan Amway di Indonesia?
Distributor-distributor kami di sini (Amway Indonesia) telah mengalami pertumbuhan dan kesuksesan yang secara signifikan juga turut mendukung pertumbuhan kami secara global. Penjualan tahunan telah meningkat dalam 12 dari 13 tahun terakhir. Para karyawan dan distributor-distributor kami di Indonesia adalah pemimpin dalam tim mereka dan juga dalam keluarga Amway. Kami bangga atas semua pencapaian yang telah diraih mereka. Kami berharap momentum ini terus berlanjut.
Distributor-distributor kami di sini (Amway Indonesia) telah mengalami pertumbuhan dan kesuksesan yang secara signifikan juga turut mendukung pertumbuhan kami secara global. Penjualan tahunan telah meningkat dalam 12 dari 13 tahun terakhir. Para karyawan dan distributor-distributor kami di Indonesia adalah pemimpin dalam tim mereka dan juga dalam keluarga Amway. Kami bangga atas semua pencapaian yang telah diraih mereka. Kami berharap momentum ini terus berlanjut.
Produk unggulan Amway di Asia, khususnya di Indonesia?
Nutrilite menjadi nomor satu di dunia untuk penjualan merek vitamin dan suplemen, berkontribusi sekitar 46 persen terhadap seluruh penjualan produk perusahaan, baik secara global, di Asia, maupun di Indonesia. Nutrilite Protein Powder, termasuk pengenalan Nutrilite All Plant Protein Powder, suplemen Double X Vitamin/Mineral/Fitonutrisi dan Nutrilite Vitamin C Plus Extended Release memimpin penjualan produk untuk kategori produk nutrisi.
Nutrilite menjadi nomor satu di dunia untuk penjualan merek vitamin dan suplemen, berkontribusi sekitar 46 persen terhadap seluruh penjualan produk perusahaan, baik secara global, di Asia, maupun di Indonesia. Nutrilite Protein Powder, termasuk pengenalan Nutrilite All Plant Protein Powder, suplemen Double X Vitamin/Mineral/Fitonutrisi dan Nutrilite Vitamin C Plus Extended Release memimpin penjualan produk untuk kategori produk nutrisi.
Adapun kategori produk kecantikan Artistry menghasilkan 26 persen
terhadap seluruh penjualan perusahaan tahunan dan menjadi lima merek top
dunia dengan penjualan terbesar untuk kategori perawatan kulit premium.
Sedangkan kategori produk untuk rumah, menyumbang 22 persen terhadap
seluruh penjualan Amway, dipimpin penjualan penjernih udara Atmosphere
dan pembersih serta penjernih air Espring.
Selain itu semua, produk-produk kami merupakan hasil pengembangan,
riset, dan inovasi lebih dari 900 ilmuwan, insinyur, dan teknisi
profesional di 65 pusat penelitian dan pengembangan (R&D) dan
laboratorium yang memilliki jaminan kualitas untuk mendukung
pengembangan produk serta menciptakan budaya keunggulan ilmiah dan
inovasi.
Rencana Anda untuk masa depan Amway?
Tujuan kami adalah menciptakan pertumbuhan jangka panjang. Jadi, kami membangun dan mempersiapkan diri untuk memastikan ini terus berlanjut.
Tujuan kami adalah menciptakan pertumbuhan jangka panjang. Jadi, kami membangun dan mempersiapkan diri untuk memastikan ini terus berlanjut.
Referensi :
http://www.beritasatu.com/figur/128903-siapa-pun-bisa-meraih-hal-luar-biasa.html